Media dan Bawaslu bertemu dalam satu titik yang sama. Yakni caranya dalam mengawasi. Media mengawasi demokrasi secara umum, Bawaslu mengawasi tiap inti tahapan pemilu. Karena kepentingan yang sama, Bawaslu Jatim menyelenggarakan media gathering, selama dua hari, pada awal Desember 2023. Apa dan bagaimana?

Senin siang (3/12/2023), sekitar jam 14.00, sejumlah insan pers telah mulai berdatangan ke Hotel Majapahit. Suatu tempat yang menyimpan sejarah bagi Indonesia. Setidaknya ada 62 media yang diundang. 24 berasal dari Surabaya dan 38 dari Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Adalah Dwi Endah Prasetwoyati, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi yang membuka acara Media Gathering. Ia berharap media juga berperan aktif dalam menjaga kualitas demokrasi.

” Media/pers merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia, maka sangat penting peran kawan-kawan media untuk memberitakan informasi yang valid, berimbang dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan konten-konten yang diproduksi,” ungkapnya

Untuk itu, Endah mengajak media agar menjadi partner Bawaslu.

”Bawaslu Jatim mengajak media untuk bersinergi dalam semangat yang sama bersama penyelenggara sebagai komitmen untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap isu-isu yang beredar dan informasi-informasi yang berkembang terhadap proses penyelenggaraan Pemilu 2024,” jelasnya

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu dan Direktur Drone Emprit, Ismail Fahmi. Acara berjalan dengan gayeng. Ninik banyak mengulas soal sisi regulasi dan realitas di lapangan, Fahmi berbicara analisa data di media sosial.

Setelah acara formal, Media Gatering dilanjutkan dengan acara semi formal, berupa Bawaslu Mendengar. Bahwa Bawaslu mendengar masukan, aspirasi dan saran dari media yang hadir. Bawaslu berkomitmen terbuka untuk pemilu terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content
Warning: Missing arginfo for clos_ssa_test() in Unknown on line 0