Ketua Bawaslu Abhan membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Jombang, Ahad (05/09). Dalam kesempatan itu, Abhan menyampaikan bahwa kader SKPP diharapkan menjadi simpul penggerak partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu pemilu.

“Ada yang selalu bertanya, alumni SKPP jadi apa? Kalau sudah jadi alumni nantu harapan kami jadi simpul penggerak partisipasi masyarakat. Mau jadi penyelenggara pemilu, ya silakan. Jadi pemantau juga tidak kalah terhormat. Yang penting bersama mewujudkan pemilu berkualitas,” ungkapnya.

Abhan menceritakan di balik alasan program SKPP dikhususkan pada anak muda.

“Anak muda itu akan menjadi tulang punggung demokrasi ke depan. Mereka memiliki idealisme dan belum terkontaminasi hal buruk dalam politik. ini cukup membanggakan,” terangnya.

Dengan melibatkan anak muda, Abhan optimis partisipasi masyarakat akan semakin baik.

“Kami yakin akan mendorong partisipasi masyarakat seluas-luasnya. Kader SKPP akan menjadi simpul yang mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu,” jelasnya.

Abhan menggarisbawasi bahwa partisipasi tidak cukup hanya datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Partisipasi tidak hanya datang ke TPS, tapi harus diukur dengan kualitas demokrasi. Apakah kita masih berada demokrasi prosedural atau substansial? Alumni SKPP ini nantinya akan mendorong demokrasi menjadi substansial,” jelasnya.

Abhan berharap bahwa SKPP sebagai sarana konsolidasi demokrasi menuju pemilu 2024.

“SKPP sebagai ikhtiar Bawaslu untuk menjaga konsolidasi demokrasi menuju pemilu 2024. Masyarakat yang siap dan sadar untuk berpartisipasi. Kader SKPP disini akan menjadi tulang punggung yang akan bekerja keras mendorong partisipasi masyarakat lebih baik,” pungkasnya

Selepas memberikan arahan, Ketua Bawaslu Abhan yang didampingi oleh Anggota Bawaslu Jatim memukul gong sebagai tanda secara resmi dimulai SKPP di Jombang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content
Warning: Missing arginfo for clos_ssa_test() in Unknown on line 0