Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP) secara nasional dibuka di Gresik (15/06). Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu, Mochammad Afifuddin mengungkapkan bahwa SKPP bagian dari salah satu bentuk menerjemahkan hubbul wathan minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman).

“Hari ini sangat penting bagi Bawaslu. Di tengah banyak pihak menyiapkan pemilu 2024, kita bisa melakukan kegiatan dari manifestasi atau salah satu bentuk menerjemahkan Hubbul Wathan Minal Iman,” terangnya.

Jika semangat cinta tanah air dulu diekspresikan dengan melawan penjajah, maka saat ini menurut Afif harus diaptasi dengan cara untuk baru mencitai Indonesia.

“Bentuk cinta tanah air itu kalau para pemimpin melakukan kebijakan yang menguntungkan rakyatnya, sementara Bawaslu senantiasa menumbuhkan bibit-bibit kader pengawas ke sebanyak mungkin. Makanya Bawaslu membumikan nilai pengawasan dengan mengadaptasi kearifan lokal,” tambahnya.

Afif berharap bahwa dengan SKPP akan dapat mewujudkan pemilu yang jujur, adil, dan partisipatif.

“SKPP ini program prioritas nasional. Semoga kegiatan ini menambah kebaikan. Kolaborasi antara masyarakat dengan penyelenggara dapat membumikan nilai pengawasan. Karena pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, tetapi seluruh masyarakat. Sekali lagi ini menerjemahkan nilai hubbul wathan minal minal iman,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content
Warning: Missing arginfo for clos_ssa_test() in Unknown on line 0