Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM

Cermat dan Saksama, Totok Bedah Buku KPU Trenggalek dan Kota Blitar

Ketika karya intelektual telah diluncurkan, maka ia jadi milik publik. Berhak dipuji dan dikiritik. Anggota Bawaslu Jatim, Totok Hariyono dengan cermat dan seksama membedah buku yang diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum Trenggalek dan Kota Blitar, Kamis (10/06) via daring.

Dalam bedah buku yang dikemas dengan Webinar Nasional Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan itu, Totok sedianya ia akan membedah 4 buku. Tetapi hanya 2 buku yang sampai kepada dirinya.

“Ada dua buku yang sampai kepada saya. Yakni dari KPU Trenggalek dengan judul Literasi Demokrasi di Masa Pandemi, kemudian Antologi Cerpen dan Esai dari KPU Kota Blitar. Buku dari KPU Surabaya dan Situbondo ini belum sampai kepada saya,” terangnya.

Menurut Totok, dua buku yang telah dibacanya tersebut adalah karya yang beriring, sejalan dan saling mengisi.

“Nuraini Suyomukti sebagai penyunting untuk terbitan Trenggalek ini memang progresif revolusioner ya. Saya berdigik baca tulisannya. Kerangka pikir dan teorik dari bukunya juga bagus. Hanya saja yang belum nampak di buku ini adalah contoh kongkretnya pada pilkada 2020. Contoh-contoh itu baru saya tahu di Webinar ini,” jelasnya.

Sementara Antologi Cerpen dan Esai yang ditulis oleh Komunitas Peduli Demokrasi KPU Kota Blitar, menurut Totok berisi pengalaman langsung para penulisnya.

“Buku antologi ini banyak cerita langsung pada pilkada 2020. Seperti Door to Door sosialisasi ke pengajian, lalu disangka sebagai tim salah satu calon, dan seterusnya. Ini sungguh menarik,” tambahnya.

Tidak hanya substansi dan kerangka teoritik, Pria Kelahiran Malang ini juga sampai memberikan komentar pada soal teknis.

“Masih ada kesalahan ketik ya dari para penulisnya. Saya sudah baca. Ini sebenarnya bisa diperbaiki,” tambahnya.

Totok berharap muncul karya dari KPU daerah lainnya di Jawa Timur.

“Sebenarnya saya juga berharap ada tulisan dari KPU Mojokerto dan Gresik soal partisipasi pemilih yang tinggi. Seandainya ada buku yang mengulas tentang faktor yang membuat partisipasi tinggi, ini akan tambah luar biasa,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Webinar Nasional Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan juga dihadiri oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum Jatim, Gogot Cayho Baskoro secara virtual. Tampak peserta mengikuti via Zoom dan Kanal Youtube KPU Jatim dan Bawaslu Jatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize
Click to listen highlighted text!