Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM

Kian lama, posisi Bawaslu samakin diakui keberadaannya. Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman menyebut bahwa posisi Bawaslu dalam pilkada 2020 sebagai kunci dari sukses penyelenggaraan yang demokratis. Hal ini ia sampaikan saat membuka Bimbingan Teknis Hukum Acara Penanganan Perkara Hasil Pemilihan yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI, Selasa malam (13/10) secara daring.

“Perkenankan kami menyampaikan bahwa Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai kunci dari penyelenggaraan pilkada yang demokratis,” ungkapnya.

Menurut Usman, posisi Mahmakah Konstitusi dalam memutuskan perselisihan hasil pemilihan membutuhkan kerja sama seluruh pihak. Salah satunya dengan Bawaslu. Hal inilah dipandang perlu untuk menyelenggarakan bimbingan teknis hukum acara di MK.

“Mahkamah Konstitusi tidak bisa menyelesaikan perselisihan tanpa kerja sama dari pihak yang lain. Perlu sinergitas kerja untuk pemilihan yang demokratis,” tambahnya.

Masih menurut Usman, bahwa dalam demokrasi pemilik kedaulatan tertinggi dalam sistem ketatanegaraan adalah rakyat. Pemenang pilkada adalah suara mayoritas. Tetapi menurutnya, nilai kebenaran dan keadilan bukan hanya dimiliki oleh kelompok mayoritas. Tetapi bisa saja berada di minoritas.

“Demokrasi berkonsekuensi pemegang kedaulatan tertinggi dari rakyat. Tetapi nilai kebenaran tak selamanya berada di mayoritas,” jelasnya.

Pada sisi lain, menurut Usman, situasi politik terus berjalan dinamis. Untuk itulah, demokrasi perlu disandingkan dengan nomokrasi. Yakni kebenaran berdasarkan norma.

“Menyeimbangkan antara prinsip demokrasi dan nomokrasi dipilih sebagai paradigma untuk menghadirkan keadilan di Indonesia,” pungkas Usman.

Sebagai informasi, bimbingan teknis berlangsung sejak tanggal 13-15 Oktober 2020. Diikuti 399 peserta secara daring. 19 Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu se-Jatim turut serta dalam acara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize
Click to listen highlighted text!