Demi mewujudkan lembaga yang bersih dari narkoba (bersinar), Bawaslu Jatim melakukan tes urine kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi yang diperuntukkan untuk pimpinan, pejabat struktural, staf teknis dan staf pendukung, Selasa sore (01/09)

Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Jatim, Eka Rahmawati menuturkan sebagai lembaga non kementrian, Bawaslu terikat oleh kewajiban untuk melaksanakan Inpres No. 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (RAN P4GN).

“Tanggal 28 Juli Bawaslu RI mengawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan BNN di Jakarta. Jauh sebelum MoU ini, Bawaslu telah pula secara konsisten menjalankan amanat Undang-Undang Pemilu yang mensyaratkan bebas narkoba sebagai persyaratan mendaftar menjadi Pengawas Pemilu,” ungkap Eka

Ia menuturkan, demi mempertimbangkan hal tersebut, tanggal 12 Agustus lalu, Bawaslu Jatim dan BNN Provinsi telah menandatangani Perjanjian Kerjasama di Kantor BNN Jatim.

“Hari ini (01/09), tepat 20 hari kemudian, komitmen tertulis itu juga diwujudnyatakan lewat penandatanganan ikrar dan tes urine secara serentak yang dilakukan di kantor Bawaslu Jatim. Alhamdulillah hasil tesnya semuanya negatif narkoba,” tambah Eka.

Alumni Unair tersebut menambahkan, tidak hanya di tingkat provinsi saja, komitmen dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini juga diikuti oleh Bawaslu se-Jawa Timur.

“Saat ini selain provinsi, kabupaten yang telah menindaklanjuti PKS dan telah melakukan tes urine baru Kabupaten Kediri. Insya allah komitmen kami tetap jaga Bawaslu Jatim 100% bebas narkoba. Segera yang lain akan menyusul melakukan tes urine massal. Tampaknya, kegiatan ini menjadi yang pertama di tingkat provinsi se-Indonesia”, pungkas Eka.

Turut hadir dan memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba adalah Kepala BNN Provinsi Jawa Timur, Brigjen Pol Bambang Priambodo dan petugas pemeriksa. Pelaksanaan tes urine dilakukan dengan protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize