Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM

Pembahasan tentang pilkada di tengah pandemi seperti tidak lapuk dan usang. Kali ini berasal dari Universitas Brawijaya yang menyelenggarakan Webinar bertajuk Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah di Masa Pandemi tahun 2020, Kamis (24/09).

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Jatim, Purnomo Satrio Pringgodigdo yang didapuk sebagai pembicara mengungkapkan bahwa Perbawaslu nomor 4 tahun 2020 telah mengatur pengawasan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan dalam pilkada 2020. (24/04).

“Perbawaslu nomor 4 tahun 2020 yang berisi sekitar 70 halaman itu pada intinya mengatur pengawasan dengan fokus keselamatan dan kesehatan pilkada 2020,” ungkapnya.

Alumni Universitas Brawijaya tersebut menjelaskan bahwa Perbawaslu nomor 4 tahun 2020 mengatur tentang penerapan dan prinsip keselamatan kerja, pelaksanan rapid tes dan pemeriksaan kesehatan, pemakaian alat pelindung diri, pemakaian sanitasi, pengecekan suhu tubuh, pengaturan jaga jarak aman, pembatasan jumlah peserta, dan menerapkan pola hidup sehat.

Masih menurut Purnomo, bahwa memang ada titik kritis yang perlu diawasi. Yakni mengumpulkan orang dalam jumlah terbatas, tatap muka secara langsung di luar ruangan, penyampaian dan penyimpanan berkas dan tatap muka secara langsung di dalam ruangan.

“Kami telah mengidentifikasi potensi kerawanan itu. Sejak pendaftaran, penetapan pasangan calon, pengambilan nomor urut, kampanye, sampai dengan tahap pungut hitung,” jelasnya lagi.

Untuk mencegahnya, pihaknya memberikan intruksi pada jajarannya dan juga mengimbau kepada peserta.

“Kami mencegahnya dengan memberikan intruksi pada jajaran dan juga mengimbau kepada peserta,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize
Click to listen highlighted text!