Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM

Capaian Bawaslu dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 5 kali berturut-turut bukan perkara mudah. Ada kerja keras dibaliknya agar pengelolaan keuangan kridibel dan akuntabel.

Untuk itu, demi meningkatkan kinerja dalam pengelolaan keuangan, Bawaslu Jatim Rabu malam (23/09) melakukan optimalisasi peningkatan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tahun 2020 dengan melibatkan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I.

Kepala Sekretariat Bawaslu Jatim, Sapni Syahril mengungkapkan perlunya sinergi dan konsolidasi terkait perbaikan capaian penilaian IKPA tahun 2020 dengan KPPN.

“Kami memandang perlu penyamaan persepsi terkait peraturan baru pada KPPN Surabaya I khususnya terkait pelayanan pencairan anggaran dan langkah-langkah strategis dalam mengawal pelaksanaan pengeluaran negara akhir tahun 2020 di lingkungan sekretariat Bawaslu Jawa Timur,” ungkapnya.

Sapni berharap bahwa ada peningkatan kinerja pegawai dalam pengelolaan keuangan.

“Kami ingin kinerja pegawai semakin disiplin dalam pengelolaan keuangan. Di samping sinergi dengan KPPN Surabaya I juga semakin baik,” terangnya.

Sebagai informasi, setidaknya ada 13 indikator kinerja keuangan yang baik. Di antarnya revisi daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA), deviasi halaman III DIPA, pagu minus, data kontrak, pengelolaan uang persediaan (UP) dan tambahan uang persediaan (TUP), laporan pertanggungjawaban bendahara, dispensasi surat perintah membayar (SPM), penyerapan anggaran, penyelesaian tagihan, konfirmasi capaian output.

Dari ketigabelas indikator tersebut, menurut Sapni ada 4 indikator yang hendak dimaksimalkan. Yakni deviasi halaman III DIPA, penyampaian data kontrak, penyerapan anggaran dan penyelesaian tagihan.

“Kami akan terus berusaha memaksimalkan segala kekurangan dari seluruh indikator demi pengelolaan keuangan yang kredibel,” pungkas Sapni.

Sebagai informasi, optimalisasi belanja pemerintah melalui peningkatan kualitas IKPA dihadiri oleh Kepala KPPN Surabaya I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize
Click to listen highlighted text!