Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM

Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin menandatangani pakta integritas dan deklarasi pilkada demokratis, damai dan sehat bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jatim, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19, Ketua KPUD Jatim, pimpinan partai politik tingkat provinsi, dan tim pemenangan pasangan calon (paslon) dari jalur perseorangan, di Surabaya, Jum’at (25/09).

Dalam giat yang dilaksanakan oleh Polda Jatim tersebut, Amin menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan “surat tilang” kepada pelanggar protokol kesehatan sebagaimana dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 13 tahun 2020 bahwa Bawaslu harus memberikan surat peringatan tertulis jika menemukan pelanggaran protokol kesehatan.

“Kami akan membekali jajaran dengan beberapa berkas formulir semacam “surat tilang” yang berisi peringatan tertulis apabila ada pelanggaran protokol kesehatan. Semacam rekomendasi kepada KPU atau tindak lanjut kepada kepolisian. Itu akan dilakukan oleh pengawas di semua tingkatan. Surat tersebut akan ditandangani jajaran kami yang bertugas,” terang Amin

Meski begitu, Amin mengingatkan kepada tim pasangan calon agar tidak hanya menaati aturan non elektoral saja. Tetapi juga turut serta mencegah pelanggaran elektoral.

“Kami berharap agar tim pasangan calon dari partai politik dan yang maju dari jalur perseorangan tidak hanya menaati protokol kesehatan saja, tetapi juga turut serta melakukan pencegahan pelanggaran pilkada yang bersifat elektoral seperti politik uang dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)” terang Amin.

Menurut Amin, keterlibatan tim paslon dalam pencegahan pelanggaran elektoral maupun non elektoral akan mewujudkan pilkada yang demokratis, damai dan sehat.

Sebagai informasi, hadir dalam deklarasi Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Kepala Staf Daerah Militer Brawijaya V, perwakilan partai politik tingkat provinsi, tim pemenangan calon perseorangan dari Jember, Malang dan Lamongan. Sementara mengikuti secara daring adalah Bawaslu, KPUD, Kapolres, pasangan calon 19 daerah pilkada di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize
Click to listen highlighted text!