15 Agustus 2020, genap 2 tahun usia Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia sebagai lembaga permanen setelah sebelumnya ad hoc. Selama dua tahun, terjadi dinamika pengawasan, ejawantah kewenanangan dengan segala tantangan, dan demokrasi yang semakin dewasa.

Ketua Bawaslu Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh merefleksikan bahwa setelah 2 tahun Bawaslu menjadi permanen, keberadaannya semakin mewarnai demokrasi di Bangkalan. Dari sebelumnya level kuning, sekarang menjadi hijau karena Bawaslu. Terutama pada moment pemilu 2019.

“Keberadaan Bawaslu bisa menjadi warna tersendiri di Bangkalan. Dulu banyak stigma bahwa pemilu di Bangkalan imajiner. Dengan kawalan Bawaslu, maka kini dari zona kuning menjadi zona hijau. Segala permasalahan tidak lagi diselesaikan dengan kekerasan dan banyak yang memilih cara dan jalur konsitusional,” terangnya via saluran WhatsApp.

Menurut mantan wartawan ini, pemilu 2019 menjadi suatu cerminan berbeda dari pelaksanaan politik elektoral di Bangkalan. Hal ini karena masyarakat memiliki saluran untuk melapor melalui Bawaslu.

“Sejak Bawaslu permanen, masyarakat memiliki saluran untuk melaporkan setiap pelanggaran ke Bawaslu sehingga pada pemilu 2019 lalu berjalan dengan baik. Ini karena adanya Bawaslu,” terangnya.

Senada dengan hal itu, dalam merefleksikan usia 2 tahun, Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Azam Dikri mengaku telah banyak yang diperbuat untuk memperbaiki kualitas pemilu dan pilkada.

“Kami akan terus menata diri sebagai lembaga yang benar-benar bisa menjadi tonggak demokrasi bangsa, selain itu akan terus mendorong penyelenggaraan kontestasi politik di kabupaten /kota yang taat azas dan aturan,” terangnya.

Menurutnya, yang membuat Bawaslu bisa bertahan adalah komitmen, integritas dan tanggung jawab.

“Kita mau mewujudkan demokrasi yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat serta jurdil di kabupaten/kota pada khususnya dan diseluruh Indonesia pada umumnya,” pungkasnya

Sebagai informasi, bahwa momentum ulang tahun Bawaslu Kabupaten/Kota ini dimulai pelantikan 1.914 pengawas pemilu di Jakarta, 15 Agustus 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize