Mojokerto – Bersepeda atau gowes menjadi trend baru di masyarakat. Tua dan muda menyasar berbagai profesi. Tak terkecuali jajaran Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Berawal dari kesamaan hobi beberapa anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), kini telah diresmikan dalam wadah Jaringan Keluarga Pesepeda Bawaslu (Jaga Pemilu).

“Insipirasinya tentu dari Bawaslu RI, termasuk nama Jaga Pemilu. Jadi kegiatan yang dilakukan oleh sahabat-sahabat Panwascam sekalian disatukan dalam wadah Jaga Pemilu. Biasanya tiap hari Sabtu 2 minggu sekali, mengambil rute di wilayah berbeda,” ujar Koodinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Afidatussholikha.

Bagi Afidah, gowes dilakukan juga untuk membumikam nilai pengawasan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga untuk membumikan nilai pengawasan. Karena disaksikan langsung oleh warga di sepanjang rute yang dilewati”, terang Afidah.

Senada dengan itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Mojokerto, Wabarozalia Ritonga menilai bahwa gowes juga bisa digunakan sebagai penguatan character building agar kerjasama dan soiliditas jajaran Bawaslu semakin terbangun dengan baik.

“Makanya saya selalu ikut gowes. Meskipun saya harus rela berangkat habis shubuh dari rumah. Kita harus mendukung dengan hadir. Kami berharap, keberadaan kami akan memberikan semangat kepada jajaran Panwascam”, ujar Roza.

Peserta gowes tidak hanya dari internal jajaran pengawas. Adakalanya melibatkan pihak terkait, misalnya Forum Pimpinan Kecamatan. Selain untuk menyalurkan hoby, juga bertujuan untuk sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada warga. Gowes Jaga Pemilu dinilai efektif, karena tidak berbiaya mahal namun bisa tersampaikan secara langsung pada khalayak ramai. Lebih-lebih kegiatan ini sifatnya non budgeter, tidak ada anggaran khusus, murni sumbangan dari Panwascam yang kebetulan menjadi tuan rumah.

“Selama ini sukarela saja, kita sewa pick up untuk ngangkut sepeda menuju tempat start ya pakai uang sendiri. Konsumsi biasanya ditanggung oleh Panwascam yang ketempatan. Misi kami untuk membumikan pengawasan, sekaligus kampanye sehat dengan olah raga gowes”, ujar Subagyo anggota Panwascam Bangsal, inisiator Gowes bareng jajaran Bawaslu Mojokerto

Gowes Jaga Pemilu sudah menyentuh beberapa kecamatan. Mulai dari Bangsal, Mojoanyar, Pungging Ngoro, Trowulan, Jatirejo terakhir kecamatan Dawarblandong. Kedepan akan dilaksanakan di kecamatan lain yang belum tersentuh. (AFD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize