Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penularan Covid-19 dapat berasal dari sirkulasi udara yang buruk sehingga membuat droplet bisa berputar di udara.
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bangkalan, dr Farhat Suryaningrat, Sp.KK menyampaikan bahwa penyelenggara Pilkada di Jawa Timur perlu memperhatikan lingkungannya untuk mencegah persebaran Covid-19. Hal ini ia sampaikan dalam diskusi daring Tips dan Trik Sehat Mengawasi Pilkada, Bawaslu Jatim, Senin 27 Juli 2020.

“Kantor Panwascam itu perlu diperhatikan. Lingkungan yang mendukung virus ini tumbuh adalah ruangan yang ber AC, sempit dan tidak ada sirkulasi udara”, tutur Farhat.

Selain lingkungan, dokter yang juga youtuber ini menganalisa ada faktor diri, dan juga kuman atau virus Covid-19 yang mampu bertahan lama menempel di permukaan benda sehingga bisa menginfeksi yang menyentuhnya.

Untuk itulah, dr Farhat menyarankan penyelenggara Pemilu meningkatkan imunitas, ikhtiar sering cuci tangan, jaga jarak untuk membunuh kuman dan membuat suasana lingkungan yang terbuka dengan aliran udara yang baik.

“Kalau ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, saran saya lebih baik melakukan rapat di ruang terbuka. Waktu yang tepat adalah pagi dan siang hari untuk mengadakan pertemuan. Karena ada sinar matahari”, tuturnya lagi.

Dokter muda tersebut juga membagi tips dalam memakai masker.

“Kalau memakai masker tangan kita harus bersih. Jangan sampai disentuh bagian tengah dan dalam masker, pasang dengan hanya memegang talinya”, tuturnya lagi.

Selain itu, dokter muda ini juga menyarankan agar lebih baik istirahat bila ada gejala sakit yang dialaminya.

“Kalau sudah ada gejala flu, demam, maka jangan paksakan untuk bekerja. Ini kondisi pandemi. Jadi baiknya tetap di rumah. Kalau perlu melakukan isolasi mandiri”, pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize