Anggota Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenty berbagi 5 tips sehat mengawasi pilkada. Hal ini ia ungkap dalam Diskusi Daring Tips dan Trik Sehat Mengawasi Pilkada, Bawaslu Jatim, Senin, 27 Juli 2020.

Bagi Srikandi Jawa Barat ini, penyelenggara pemilu harus taat aturan. Bawaslu sendiri menurutnya sudah memiliki aturan untuk menjamin kesehatan penyelenggara dan pemilih.

“Seluruh aturan lembaga itu harus diikuti dan dilaksanakan. Bukan hanya dibaca saja. Seringkali aturan hanya dibaca, tetapi tidak serta merta dilakukan. Misalnya harus bawa ballpoint sendiri. Kita sering lupa hal kecil ini. Padahal balpoint bisa menjadi medium penularan,” tuturnya.

Kedua, perlunya pemetaan dan pemahaman area pengawasan.

“Penting untuk memetakan area pengawasan. Asal turun saja bisa membawa malapetaka. Kami di Jawa Barat menurunkan indeks kerawanan dari tingkat kecamatan, desa, sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tuturnya.

Selanjutnya, tahu kesehatan diri. Menurut Lolly, saat akan sakit, tubuh memberikan sinyal untuk tetap bekerja atau istirahat.

“Pengawas pemilu harus tahu kapan diam, lari atau berjalan. Jangan mengabaikan warning yang diberikan oleh tubuh. Kesehatan kita berdampak juga pada orang lain,” terangnya.

Tips lainnya adalah koordinasi intensif dengan pengawas pemilu lain. Lolly menyebut dengan gerakan lingkar sehat pengawasan.

“Ketika dalam situasi misalnya ada hasil rapid test reaktif, maka hanya diketahui pada lingkar terbatas. Ini penting agar tidak ada kepanikan dan juga saling support satu sama lain serta gerak cepat untuk saling koordinasi,” ujarnya.

Tips terakhir adalah bekerja dengan penuh dedikasi.

“Ketika kita bekerja dengan hati, maka akan berkonsekuensi dengan kualitas pengawasan kita. Sehat jiwa, raga, dan pilkada kita,” tambahnya.

Alumni UIN Sunan Gunung Djati ini memungkasi bahwa dalam situasi pandemi, kualitas pilkada tidak boleh berkurang. Baik itu dari pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize