Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, Bawaslu Jatim Goes to Campus ke Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dilakukan dengan live instagram (IG) pada jum’at (08/05). Sekali lagi Bawaslu Jatim membahas pengawasan partisipatif.

Ternyata saat live IG, bukan hanya diikuti oleh mahasiswa UTM saja, tetapi juga pengguna media sosial dari Jakarta, Kalimantan, Lampung, Jawa Tengah dan juga akun Instagram Seknas JPPR. Jadilah live instagram menjadi seru dengan komentar peserta. Lebih dari 100 peserta mengikuti live Instagram Bawaslu Jatim.

Keseruan jadi bertambah, saat selama live instagram, 2 kali gangguan sinyal yang menyebabkan dua kali juga berhenti. Namun antusiasme peserta untuk ikut komentar dan memberikan pertanyaan tampak terlihat selama live di instagram berlangsung.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Nur Elya Anggraini mengajak mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Trunojoyo untuk menjadi pengawas partisipatif.

“Mahasiswa adalah kelompok idealis yang kritis. Untuk itu, kami mengajak mahasiswa di UTM menjadi bagian dari pengawas partisipatif. Mengawasi jalannya proses Pemilu dan Pilkada”, terang Ely yang tampak memakai masker.

Menurut Ely tantangan demokrasi ke depan akan kian kompleks. Mulai politik uang, politisasi SARA dan pelanggaran lainnya lewat media sosial.

“Mahasiswa di UTM ini bisa ambil peran dan merebut perubahan dalam setiap momentum demokrasi yang ada di Indonesia. Bisa lewat media sosial maupun juga langsung terlibat dalam pengawasan partisipatif”, pungkasnya.

Ely berharap bahwa mahasiswa di UTM menularkan semangat pengawasannya kepada organisasi, lembaga dan lingkungan sekitarnya demi Pemilu dan Pilkada yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize