Sampai dengan tanggal 08 Mei tahun 2020, 19 Bawaslu Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah se-Jatim setidaknya telah memproses sejumlah 40 dugaan pelanggaran yang terdiri dari 19 pelanggaran administrasi, 15 hukum lainnya, dan sisanya (6) bukan pelanggaran. Dari semua pelanggaran tersebut, 29 berasal dari temuan, dan sisanya (11) berasal dari laporan. Dari 14 dugaan pelanggaran penerusan ke Komisi ASN, sudah turun 8 rekomendasi dari KASN kepada Pejabat Pembina Kepegawaian untuk ditindaklanjuti.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Muh Ikhwanudin Alfianto, menyampaikan kepada Bawaslu 19 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada untuk terus bekerja walau tahapan ditunda dan dalam situasi pandemi covid-19, termasuk menerima laporan dari masyarakat. Ikhwan juga memberikan arahan agar Pengawas Pemilu melakukan proses pencegahan dan penanganan terhadap dugaan pelanggaran politisasi bantuan sosial kemanusiaan akibat dampak covid-19 oleh oknum tertentu untuk kepentingan elektoral dalam Pilkada.

“Pemerintah telah mengambil opsi optimis. Pemungutan Suara rencananya akan diselenggarakan pada bulan Desember 2020. Meski tahapan ini di-pause, jika ada pelanggaran yang berasal dari laporan dan temuan, maka harus tetap diproses. Termasuk politisasi bantuan sosial kemanusiaan akibat dampak Covid-19”, terang Ikhwan dalam rakor online.

Bawaslu Jatim hari ini melakukan rapat koordinasi (rakoor) online untuk merekapitulasi penanganan pelanggaran untuk 19 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang menyelenggarakan Pilkada, pada Jum’at siang (08/05). Bawaslu Jatim meminta laporan perkembangan penanganan pelanggaran yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Terhadap dugaan pelanggaran politisasi bansos, beberapa Kabupaten/Kota juga melakukan penelusuran/investigasi. Pun demikian dengan daerah lainnya yang terus bekerja untuk memproses dugaan pelanggaran. “Terus bekerja meski tahapan sementara ditunda dengan tetap menjaga kesehatan dan protokol pencegahan covid-19”, pungkas Ikhwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize