Anggota Bawaslu Jatim, Purnomo Satrio Pringgadigdo menyampaikan perlunya pendidikan pemilih dan kewarganegaraan untuk perempuan sebagai pemilih dalam perhelatan Pilkada tahun 2020. Hal itu ia sampaikan saat didapuk menjadi narasumber diskusi yang diselenggarakan oleh Perludem dalam memperingati Hari Kartini dan Pendidikan Nasional, minggu siang, 3 Mei 2020.

Pendidikan untuk pemilih cukup penting. Mengingat secara kuantitas jumlah pemilih perempuan lebih besar daripada laki laki. Dari sekitar 31 juta pemilih, 16 juta pemilih adalah perempuan.

“Perlu pendidikan kewarganegaraan dan pemilih untuk perempuan. Di samping juga perlu adanya kebijakan afirmatif untuk meningkatkan peran perempuan, ” jelasnya via online

Purnomo juga mengulas tentang peran perempuan sehagai penyelenggara pemilu. Menurutnya, peran perempuan mengalami peningkatan. Walau belum mencapai 30 persen.

“Perlunya peningkatan kemauan bagi perempuan untuk menjadi penyelenggara pemilu. Disamping juga perlu meningkatkan kapasitas tentang kepemiluan agar saat seleksi bisa lolos seleksi, ” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize