Pembatasan sosial melahirkan kreativitas bersekala besar di media sosial. Anggota Bawaslu Jatim, Purnomo Satrio Pringgodigdo bersama dengan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya berselancar di dunia hukum lewat akun instagram resmi Bawaslu Jatim, senin sore (11/05).

Saat kajian hukum lazim dilakukan dengan resmi dalam pertemuan tatap muka, kini Bawaslu Jatim memudahkannya kepada publik untuk bisa menikmati hukum Pemilu dan Pilkada. Dunia hukum, pasal dan segala perubahannya menjadi ringan saat dibawa oleh Purnomo ketika mengajak netizen untuk berselancar menikmati perubahan regulasi Pemilu dan Pilkada, penanganan administrasi Pemilu dan Pilkada, penanganan pelanggaran pidana Pemilu dan Pilkada, penyelesaian sengketa dalam Pemilu dan Pilkada.

“Kami di Bawaslu merasa kewenangan kami bertambah lewat Undang-Undang 7/2017 dalam melakukan proses terhadap penindakan administrasi Pemilu. Hal ini berbeda misalnya dengan Undang-Undang 10/2016 tentang Pilkada”, demikian kata Purnomo dalam salah satu penyampaiannya.

Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya ini juga menyebutkan bahwa terjadi perubahan regulasi Pilkada dan Pemilu selalu berubah dan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

“Perubahan regulasi ini tidak terlepas dan amandemen Undang-Undang Dasar 1945 yang memiliki bab khusus tentang Pemilu yang mengatur setidaknya 6 hal. Salah satunya tentang Pemilu yang mengamanatkan untuk pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD. Teman teman barangkali ingat tentang keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membedakan antara rezim Pemilu dan pemerintah daerah. Salah satunya berdasarkan ayat ini”, ujar Purnomo.

Beberapa komentar di atas hanya beberapa mozaik dari seluk beluk hukum tentang Pemilu dan Pilkada yang dibahas oleh Purnomo dengan FH Untag Surabaya. Hari ini, lewat akun Bawaslu Jatim, Purnomo akan kembali live instagram jam 16.00 dengan secara spesifik membahas tentang penanganan pelanggaran administrasi Pemilu dan Pilkada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize