Tadarus pengawasan pemilu pertama berlangsung pada hari ini, jam 14.00-16.00 di akun Yutube Humas Bawaslu RI. Toto Sugiharto dari Exposite Strategic yang mengisi tadarus hari ini memaparkan terdapat lima hal mematikan yang menginfeksi Pilkada. Yakni, mekanisme penentuan calon yang oligarkis, pilkada yang tersandera dengan uang, integritas yang terpinggirkan, arena mementingkan diri sendiri dan menipu rakyat, hingga kualitas penyelenggara yang belum maksimal.

“Kita mengalami wabah yang akan merusak republik ini. Pilkada kita mekanisme penentuannya ditentukan secara oligarkis oleh partai politik. Saat sistem kita sudah desentralisasi, tetapi penentuan calon dari partai masih harus persetujuan pusat,” terangnya lewat tadarus pengawasan pemilu via online.

Toto menyoroti betul tentang sejumlah infeksi yang akan mematikan Pilkada. Baginya, Pilkada yang tersandera dengan politik uang akan menginfeksi dan merusak mentalitas masyarakat. Ia juga menilai, kontestasi politik dalam Pilkada menjadi arena untuk diri sendiri dengan menipu terhadap rakyat.

Untuk itulah, ia memberikan rekomendasi dengan melakukan penyadaran tentang penentuan calon yang oligarkis dan sentralistis menjadi demokratis, lalu adanya pengawasan terhadap aliran uang dalam pilkada, perlunya integritas dan fakta integritas terhadap rakyat agar tidak dibohongi, hingga juga optimalisasi kinerja pengawas pemilu.

“Disinilah peran Bawaslu untuk memberikan penyadaran terhadap partai politik agar penentuan calon dari partai dilakukan secara demokratis, lalu memperketat pengawasan aliran uang sehingga menutup celah adanya politik uang, terus meningkatkan integritas dan mengoptimalkan kinerja penyelenggara pemilu. Saya kira itu rekomendasi saya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize