Setelah menutup masa pendaftaran, Bawaslu meluncurkan logo resmi Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring. Logo tersebut berlatar warna dominan abu-abu. Pada sisi kiri terdapat logo Bawaslu, toga dan tanda sinyal. Sedangkan pada sisi kanan terdapat tulisan “Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring” berwarna orange.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, sekaligus penanggungjawab SKPP Daring Bawaslu, Mohammad Afifuddin menjelaskan makna logo tersebut. Logo Bawaslu menandakan bahwa peserta SKPP Daring nantinya akan menjadi kader pengawas partisipatif Bawaslu. Gambar toga menunjukkan kegiatan sekolah/pendidikan pengawas partisipatif yang dilaksanakan. Sedangkan tanda sinyal berarti SKPP diselenggarakan melalui Daring (online).

“Secara umum logo itu punya makna seseorang yang tengah serius belajar secara daring untuk menjadi kader yang bisa mengawasi Pemilu secara partisipatif”, jelas Afif.

SKPP Daring muncul sebagai respon Bawaslu terhadap wabah covid 19. Jumlah calon peserta yang mendaftarpun lebih dari 20 ribu orang dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Saat ini, Bawaslu tengah menyaring calon peserta apakah sudah memenuhi syarat atau belum.

Rencananya SKPP Daring akan dimulai pada Mei mendatang. Seluruh peserta akan mendapatkan materi dengan 10 topik besar. “Kami telah menyiapkan sekitar 200 video tutorial yang dapat diakses oleh peserta”, kata Afif sambil menyebutkan kalau SKPP Daring akan digelar selama 14 hari sesuai kurikulum yang telah disusun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize