Ada 3 tahap penting yang harus diikuti oleh seluruh peserta Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP) Daring Bawaslu, yakni video learning, webkusi dan ujian online. Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, sekaligus penanggungjawab SKPP Daring Bawaslu, Mohammad Afifuddin menyatakan ketiga tahapan itu harus diikuti serius sejak awal hingga akhir oleh seluruh peserta.

Pertama-tama, Bawaslu akan membagikan seluruh video tutorial kepada peserta. Mereka akan menyimak video tersebut hingga tunas (video learning). “Setelah video learning, peserta akan diuji sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi-materi yang disajikan di video,” jelas Afif.

Tahap selanjutnya adalah webkusi atau diskusi online. Pada tahap ini, Bawaslu Provinsi akan menjadi pengampu. Peserta akan berdiskusi intensif dengan narasumber dari Bawaslu Provinsi. Interaksi itu diharapkan dapat menjadi medium untuk mendalami materi yang ada dalam video tutorial sebelumnya.

Setelah itu, pada masa akhir sekolah, peserta akan menjalani ujian onlie. Sistem pengujian online ini sepenuhnya akan dikembangkan oleh Bawaslu RI. Bawaslu RI akan membubuhkan nilai kepada setiap peserta dan akan mengeluarkan sertifikat kelulusan bagi peserta yang nilainya memenuhi standar kualifikasi kader.

“Jangan sampai sekolah kita ini dianggal asal ikut asal lulus. Oleh karena itu, di akhir masa sekolah, peserta akan mengikuti ujian untuk menentukan kelulusannya. Bisa jadi jumlah peserta yang ikut 20 ribu lebih tapi yang lulus tidak semuanya bila tidak memenuhi standar nilai kelulusan,” terang Afif.

Afif berpesan kepada seluruh jajaran Bawaslu agar tidak mengendorkan semangat. Di tengah situasi yang ia sebut sebagai extraordinary ini, semua aktivitas tetap harus dilaksanakan walaupun tidak bisa ideal sebagaimana biasa.

16 April, 2020

Saya berharap bisa belajar belajar banyak ☺️ Terimakasih

17 April, 2020

Sangat membantu sekali… point penting lihatlah apa yang dibicarakan dan jangan melihat siapa yang membicarakan

5 Mei, 2020

Sangat bagus dan luarbiasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize