Rabu (11/03) Bawaslu Jatim hari ini resmi menandatangani kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) untuk pengawasan partisipatif. Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin dan Rektor UMSIDA, Dr Hidayatullah, M.Si., menandatangi Memorandum of Agreement (MoA) di hadapan Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, civitas akademik UMSIDA, Ketua Bawaslu se-Jawa Timur, dan perwakilan kelompok perempuan, di Sidoarjo.

Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin menyampaikan bahwa kerja sama dengan perguruan tinggi untuk pengawasan partisipatif sesuai dengan semangat yang ada dalam tridarma perguruan tinggi,

“Kami di Bawaslu memang memiliki tugas salah satunya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Untuk itulah kami perlu bekerja sama dengan UMSIDA untuk meningkatkan pengawasan partisipatif,” terang Amin.

Sementara itu, Rektor UMSIDA, Dr Hidayatullah menyambut baik kerja sama dengan Bawaslu. Baginya, mengawal demokrasi untuk adil, jujur dan bermartabat adalah tugas mulia. “Kita semua punya tanggung jawab yang sama menata demokrasi berlangsung secara jujur dan beratanggung jawab. Tidak akan ada kesejahteraan tanpa dengan keberhasilan dalam mengawal proses demokrasi,” tuturnya.

Sebagai informasi, kerja sama dengan UMSIDA akan berlangsung selama 5 tahun untuk meningkatkan pengawasan partisipatif. UMSIDA akan menjadi salah satu pusat pengawasan partisipatif yang ada di Jawa Timur. Mulai dengan melakukan pembibitan kader dalam Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP), dan juga Pojok Pengawasan. (spt)

Fotographer : Krisna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize