Bagi Fritz Edward Siregar, Anggota Bawaslu RI, Focus Group Discussion (FGD) Optimalisasi PPID Bawaslu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota yang digelar sejak Rabu-Jumat (04-06/03) di Jakarta punya 2 agenda penting, yakni memperbaiki dan meningkatkan. Fritz memandang ada hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan fungsi PPID terutama di Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota. Setelah semuanya baik, baru akan melangkah pada upaya-upaya peningkatan performa.

“Kita perlu tahu dulu apa yang harus diperbaiki. Harus lihat dulu hal-hal basic terkait persoalan PPID”, kata Fritz.

Sepanjang diskusi berlangsung muncul beberapa catatan di antaranya bagaimana membangun ePPID yang baik, membuat struktur PPID hingga level Kabupaten/Kota, penyajian daftar informasi publik, alur pelayanan informasi dan sejumlah hal lain yang terkait keterbukaan informasi publik. Melalui Peraturan Bawaslu Nomor 10/2019, Bawaslu mengamanahkan agar pelayanan informasi terus mendekat kepada khalayak. Sementara pada sisi yang lain, pengisian pejabat struktural di level provinsi maupun Kabupaten/Kota belum semuanya terpenuhi guna optimalisasi PPID.

“Ada tiga model pengembangan PPID kita. Pertama terpusat. Semuanya terkontrol di Bawaslu RI. Kedua, PPID provinsi yang sudah terbentuk juga memuat unit layanan pengelola data dan informasi (PID) Kabupaten/Kota, dan yang ketiga membentuk PPID hingga Kabupaten/Kota”, terang Fritz.

Di penghujung diskusi, muncul kesepakatan bahwa PPID akan dibentuk hingga level Kabupaten/Kota. Pertimbangannya, mendekatkan pelayanan informasi kepada masyarakat, kelembagaan Bawaslu Kabupaten/Kota yang sudah permanen, mempermudah dan memotong panjangnya alur pelayanan informasi, serta sudah tersedianya minimal 2 PNS (Koordinator Sekretariat dan Bendahara Pembantu Pengeluaran) di masing-masing Kabupaten/Kota.

Fritz juga menekankan perbaikan PPID di semua tingkatan. “Kita jangan merasa puas dengan apa yang diraih oleh RI sebagai lembaga informatif. Semangat ini juga harus dimiliki oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota. Semua PPID-nya harus lebih baik”, ujar Fritz seraya menutup acara FGD tersebut. (ack)

Fotographer : Krisna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize