Penyebaran Covid-19 menjadi tantangan dan kerawanan baru dari kerja pengawas pemilu dalam mengawasi tahapan Pilkada tahun 2020. Selain memastikan pengawasan berjalan efektif dalam mencegah pelanggaran, pengawas pemilu di Jawa Timur dituntut juga terlibat dalam pencegahan persebaran Covid-19.

Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin mengaku telah menyiapkan pengawasan dengan metode pencegahan ganda. Pencegahan pertama adalah meminimalisir persebaran Covid-19 bagi jajaran pengawas pemilu, sementara pencegahan kedua berkenaan dengan upaya meminimalisir setiap pelanggaran dalam tahapan Pilkada tahun 2020.

“Kami akan memastikan kedepankan keselamatan setiap pengawas pemilu dari Covid-19 sesuai arahan dari Presiden, membekali dengan handsanitizer, masker, menjaga jarak, memperjarang komunikasi bersentuhan dengan orang lain dengan mengikuti intruksi presiden selama 14 hari ini kita maksimalkan bekerja di rumah,” terangnya via saluran Whatsap.

Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya ini akan memastikan pengawas pemilu di 19 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2020 akan terus mencegah pelanggaran dalam setiap tahapan.

“Bagi Kabupaten/Kota yang ada bakal calon perseorangan, kita akan melakukan pengawasan verivikasi faktual dengan datang kepada masyarakat yang telah dinyatakan mendukung. Pengawasan ini harus juga tetap menjaga kesehatan,” tambahnya.

Tidak cukup disitu saja, pria kelahiran Sumenep ini juga menyampaikan bahwa pengawas pemilu di Jawa Timur akan melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih berupa proses coklit. Dimana tahapan ini juga membutuhkan adanya komunikasi antara penyelenggara dan penduduk untuk memastikan data penduduk dan data pemilih yang benar benar akurat.

“ Pengawasan pemutakhiran data pemilih ini juga harus ada perjumpaan dengan masyarakat. Kami akan mengawasi dengan jaga jarak (social distancing) dan tidak bersentuhan dengan orang lain. Kami akan pastikan Pengawas Pemilu di Jawa Timur akan meminimalisir kemungkinan dugaan pelanggaran seperti kurang akuratnya data pemilih atau dugaan pelanggaran lainnya,” pungkasnya. (tg)

Fotographer : Ilham Bagus P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize