Sebanyak 4.789 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di 19 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang akan menggelar Pilkada pada 23 September 2020 mendatang telah resmi dilantik. Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin, menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah itu.

“Saya sampaikan selamat dan sukses atas pengambilan sumpah bagi Pengawas Kelurahan/Desa. Semoga bersama dengan ridha Allah dapat menjalankan wewenang dengan mengedepankan keadilan, integritas dan netralitas dalam mengemban amanah”, ungkapnya via saluran Whatshapp.

Bagi Amin, Pengawas Kelurahan/Desa adalah penentu sukses tidaknya perjalanan demokrasi di tingkat Desa dan Kelurahan sehingga keberadaannya cukup penting.

“Pengawas Kelurahan/Desa itu merupakan penentu sukses Pilkada tahun 2020”, terangnya lebih jauh.

Untuk itu, Amin berharap bahwa Pengawas Kelurahan/Desa dapat membekali diri dengan dengan kemampuan kognitif, psikomotorik/keterampilan dalam melakukan pencegahan dan pengawasan serta memiliki keberanian untuk menegakkan keadilan Pemilu dengan prinsip kesamaan dan berkeadilan.

“Pengawas Kelurahan/Desa ini saya harap memiliki keberanian untuk menegakkan keadilan Pemilu. Karena pengawas di Desa akan berhadapan langsung dengan peserta Pemilu dan pemilih. Harus berani menegakkan keadilan”, pungkasnya. (tg)

Fotographer : Krisna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Font Resize