Puluhan milenial Madrasah Aliyah Sunan Ampel, Kamal Kuning, Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Selasa pagi (5/2) mendapat asupan ilmu pengawasan Pemilu dan cara cerdas memilih pemimpin tanpa politik uang.

Adalah Bawaslu Kabupaten Probolinggo yang menggandeng OSIS MA berlokasi di Pondok Pesantren Subulul Arif itu, bersama Kantor Berita RMOL Jatim. Mereka bahu membahu menyiapkan generasi milenial agar tidak terpolusi politik uang dan terseret politisasi SARA.

“Selain itu, kami mendorong mereka terlibat dalam kerja-kerja pengawasan. Minimal saat pemilihan ketua OSIS, mereka dapat mempraktikkannya. Bagaimana mencegah pelanggaran dan menangani pelanggaran. Pemilihan ketua OSIS bisa menjadi laboratorium dan praktik lapangan pengawasan mereka”, ujar Fathul Qorib, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo.

Sementara Kepala MA Sunan Ampel, Muntaha mengatakan acara tersebut murni ide dari para pengurus OSIS. Ide cemerlang itu langsung diamini pihak sekolah.

“Saya kira ini acara bagus untuk menanamkan nilai-nilai pengawasan sejak dini di sekolah. Juga untuk mengenalkan anak-anak calon pemilih ini pada demokrasi yang sesungguhnya”, ujarnya.

Muntaha berharap kerjasama dengan Bawaslu bisa berlangsung dalam jangka panjang. Sekolahnya siap mengadopsi kerangka kerja pengawasan seperti yang ada di Bawaslu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *