Kamis (27/02) setapak demi setapak pejalanan demokrasi menuju sukses Pilkada tahun 2020 dilalui. Kali ini, Ketua Bawaslu Jatim, Moh. Amin, menjejakkan kaki di Nusa Dua Bali dalam rapat konsolidasi dengan Mendagri. Lewat narasi di Whatsap, Amin menyampaikan bahwa Mendagri, Tito Karnavian tulus dan dan ikhlas akan membantu suksenya Pilkada.

“Mendagri menyampaikan akan menjamin netralitas ASN, dukungan anggaran, pemutakhiran data pemilih, keamanan dengan deteksi dini potensi konflik,” jelasnya via saluran Whatsap.

Lebih jauh, Amin bercerita bahwa kunci sukses dalam Pilkada adalah kerja sama antar stakeholder. “Mendagri memaparkan tentang orkestra dan kerja kerja kelobarasi antara pemangku kepentingan,” terangnya.

Pemangku kepentingan yang dimaksud adalah Penyelenggara Pemilu (Bawaslu, KPU dan DKPP), Peserta Pemilu (Paslon, Parpol dan Pendukung), Pemerintah Pusat dan Daerah, Aparat Keamanan (TNI dan Polri), Media dan masyarakat, (tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat).

Masih menurut Amin, dalam konsolidasi tersebut diharapkan bahwa keberadaan dari tokoh masyarakat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. Semakin tinggi partispasi, maka legitimasi pemerintahan juga akan kuat. Di sisi lain, perserta Pilkada diharapkan dapat bertanding dengan fair untuk siap menang dan kalah. Sementara aparat keamanan diharapkan terus netral dan mampu membuat perencaan dalam melakukan tindakan pengamanan. Untuk pemerintah daerah dan pusat diahrapkan dapat mencukupi anggaran penyelenggara pemilu.

“Sebagai bagian penyelenggara pemilu, Bawaslu se Jatim sendiri berkomitmen mengawasi pemilu dengan selalu menjaga integritas, dan terus mengedepankan pencegahan pelanggaran. Kami siap memimpin orkestra pengawasan Pilkada 2020 di Jatim” pungkas Amin.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah jajaran dari Kemendagri, Polri, Kejaksaan, Jajaran Intelejen, Sekda, Kepala Kesbangpolinmas, Ketua Bawaslu, Ketua KPU. Amin akan terus berjalan memimpin orchestra pengawasan Pilakda di Jawa Timur. Perjalanan masih jauh. Demokrasi dengan segala prosesnya harus dimenangkan oleh keadilan.

Font Resize