Eka Rahmawati

jatim.bawaslu.go.id-Surabaya (1/2). Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Jawa Timur, Eka Rahmawati menjabarkan resolusi untuk tahun 2020 di antaranya adalah penataan naskah dinas, digitalisasi arsip, dan juga pembentukan Satker untuk Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

“Ada beberapa hal yang akan kami lakukan. Selain meneruskan agenda rutin yang lalu, kami menemukan di beberapa Kabupaten/Kota yang Naskah Dinasnya belum sesuai aturan. Untuk itu, tahun ini akan kami tertibkan. Kami akan turun juga untuk turut mendampingi”, ungkapnya.

Eka juga menyampaikan bahwa langkah lainnya adalah penataan arsip se Jawa Timur. Dari tahun lalu, sudah dilakukan identifikasi tentang tata kelola arsip yang membutuhkan perbaikan. Tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi juga untuk tata kelolanya di beberapa Kabupaten/Kota masih memerlukan dukungan.

“Kami akan sediakan infrastrukturnya dan membangun pengarsiapan yang berbasis digital, kami juga akan disiapkan anggarannya pada tahun 2020”, papar Eka.

Yang menarik, memasuki tahun 2020, di Bawaslu Jawa Timur terdapat pergantian Kepala Sekretariat. Dari Sebelumnya Triyono yang kini sebagai Kasek Jakarta, lalu kini telah berganti ke Sapni sebagai Kasek Bawaslu Jawa Timur.

“Pergantian Kasek ini juga akan membutuhkan waktu untuk penyesuaian-penyesuaian dan koordinasi akan kami lakukan kepada Kasek yang baru”, jelasnya.

Selain itu, pada tahun 2020 akan dibentuk Satuan Kerja (Satker). Eka berharap bahwa Kabupaten/Kota untuk segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Setempat terkait dengan ketersediaan PNS untuk mendukung Satker di masing-masing daerah di Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *