Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM
Umsida

jatim.bawaslu.go.id-Surabaya. Rabu (23/01) Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bawaslu Jatim menerima kunjungan civitas akademika dari Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial (FBS), Prodi Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahim dan penjajakan membangun nota kesepahaman untuk kepentingan pengawasan partisipatif Pilkada. Rombongan dari UMSIDA tampak sudah datang sejak jam 10.00. Terdiri dari Wakil Dekan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi Ilmu Administrasi Publik.

Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Jatim, Nur Elya Anggraini menerima langsung kunjungan tersebut, “Kami senang di UMSIDA ini ada dalam satu fakultas antara hukum dan ilmu sosial. Selama ini kami melakukan sosialisasi setidaknya dalam satu kampus melibatkan dua fakultas. Yakni hukum dan ilmu sosial. Karena domainnya Bawaslu itu terdapat pengawasan yang perlu melibatkan mahasiswa ilmu politik dan ilmu sosial, sementara untuk penindakan perlu melibatkan dari fakultas hukum”, jelasnya.

Mantan Panwaskab Kabupaten Jember ini menyampaikan bahwa pola MoU dengan kampus di Jawa Timur dapat dilakukan dengan berkelanjutan. “Kami sudah ada ide ke arah pengawasan partisipatif yang berkelanjutan. Harapannya tidak hanya selama tahapan Pilkada, namun juga dalam rentang minimal satu tahun atau satu periode. Jadi kami harap nota kesempahaman yang panjang”, ungkapnya.

Masih menurut Ely, Bawaslu sebenarnya sudah memiliki seperangkat model untuk pengawasan partisipatif. Mulai dari sosilasasi tatap muka, pendidikan pengawasan partisipatif, dan bahkan ada pusat pengawasan partisipatif. “Kami sudah memiliki kurikulum sendiri untuk model pengawasan partisipatif. Namun kami tetap menerima masukan dari kampus termasuk UMSIDA bila memiliki hasil penelitian yang belum kami tahu tentang model pengawasan yang efekfif, dan barangkali bisa diadopsi”, paparnya.

Umsida

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial, Didik menyampaikan bahwa kehadiran rombongannya dalam rangka silaturrahim dan meneruskan dari MoU antara Bawaslu RI dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se Indonesia di Jakarta. “Kami meneruskan nota kesempahaman dari Dekan se-Indonesia berkenaan dengan pengawasan partisipatif. Bila kami dibutuhkan oleh Bawaslu, kami siap membantu dalam pengawasan partisipatif”, ungkapnya.

Pertemuan berlangsung dengan santai dan sharing tentang kemungkinan model kerja sama antara Bawaslu Jatim dengan kampus UMSIDA. Turut hadir dan terlibat dalam pertemuan, Kepala Bagian (Kabag) Bawaslu Jatim, Filber; Kassubag TP3, Supratikno; Kassubag Hukum, Humas dan Hubal, Nanang Priyanto.

Font Resize
Click to listen highlighted text!