Moh. Amin

jatim.bawaslu.go.id – Surabaya. Senin (27/1) sekitar pukul 14.00 WIB Sejumlah Pimpinan Bawaslu Jatim mendatangi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Kedatangan dari rombongan Bawaslu disambut oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Mohamad Dhofir. Pertemuan tersebut membahas tentang tahapan Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Jawa Timur.

“Kami ke Kejati dalam rangka silaturrahim, keliling koordinasi dengan Forkopimda di Jawa Timur, lalu meneruskan pertemuan dari Bawaslu RI dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk persiapan Gakkumdu”, ungkap Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin.

Amin juga menjelaskan bahwa ada beberapa kendala yang kini dihadapi jelang pemilihan kepala daerah. Yakni tentang nomenklatur Bawaslu dengan Panwaslu. Ia menyebut bahwa dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, nomenklaturnya adalah Bawaslu. Sementara dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, nomenklaturnya masih Panwaslu. Keberadannya adalah ad-hoc.

“Dua nomenklatur yang berbeda ini, sebagaimana arahan dari Bawaslu RI, perlu adanya persamaan persepsi sebenarnya. Beberapa waktu lalu (24 Januari 2020), Bawaslu RI telah bertemu dengan Kejagung dan Bareskrim, membahas kemungkinan peraturan bersama. Sementara tahapan Pilkada di Jawa Timur telah berjalan”, papar Amin lebih jauh.

Menanggapi hal itu, Kepala Kejati Jatim, Mohamad Dhofir menyampaikan terimakasih kepada Bawaslu Jatim yang memulai silaturrahim dan pertemuan awal dengan Kejati Jatim. Dhofir juga mendorong agar Gakkumdu segera dibentuk.

“Terima kasih silaturrahimnya. Kami masih baru juga disini. Gakkumdu kalau di tingkat provinsi itu yang bertanggung jawab adalah Kasi Pidum. Sama juga ditingkat Kejari. Kasi Pidum nanti bersama Jaksa. Kalau di tingkat provinsi kami akan melakukan pembinaan, motivasi dan supervisi. Kalau tahapannya sudah berjalan untuk Pilkada di tiap daerah, mestinya Gakkumdu sudah dibentuk. Khawatir nanti dalam tahapan Pilkada terjadi penyimpangan, nanti gak bisa tercover ini. Jadi memang segera (dibentuk Gakkumdu; red)”, Jelasnya.

Sementara itu, terlibat dalam pertemuan awal ini adalah Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Totok Hariyono; Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Muh. Ikhwanudin Alfianto; Kepala Sekretariat Bawaslu Jatim, Sapni Syahril.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *