Surabaya (19/12): Pasca pengumuman Panwascam terpilih untuk Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada 2020, Bawaslu Jatim segera melakukan Training of Trainer (ToT) untuk pimpinan Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota. ToT dimaksudkan agar jajaran pengawas pemilu semakin siap dalam memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap Panwascam yang terpilih. Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin bahkan memberikan penekanan agar Bimtek kepada Panwascam minimal dilakukan 2 kali selama perhelatan Pilkada.

“Kami di Provinsi memang akan melatih para pelatih atau ToT terhadap Bawaslu Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada. Nantinya jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota akan memberikan bimbingan teknis kepada Panwascam. Minimal 2 kali. Wajib.” Ungkap Amin di Surabaya.

Untuk Kabupaten/Kota yang tidak ada keterlambatan dalam pengumuman rekrutmen Panwascam, Amin menyampaikan bahwa pelantikan bisa dilakukan pada tanggal 22 atau 23 desember 2019. Sementara untuk Kabupaten yang mengalami kendala, paling lambat diharapkan melakukan pelantikan pada tanggal 31 Desember 2019.

“Saya berharap semua Panwacam telah mengikuti Bimtek pertama pada akhir Desember. Sehingga nanti pada Januari 2020 sudah mulai melakukan pengawasan dengan baik,” Ujarnya.

Amin menyampaikan bahwa jajarannya di tingkat Kabupaten/Kota telah berpengalaman dalam mengawasi pemilu. Mulai dari Pemilihan Gubernur tahun 2018, Pemilu pada tahun 2019, dan akan menghadapi pilkada. Pengalaman yang telah dilalui diharapkan oleh Amin agar dapat kian mampu melakukan kinerja pengawasan dengan lebih baik dan disiplin.

Font Resize