jatim.bawaslu.go.id-Surabaya (13/12). Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin menyampaikan bahwa tes online untuk rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) serentak dilakukan hari ini untuk 19 Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada. Amin menilai, tes online memang sengaja dilakukan agar menghindari kebocoran soal.

“Sejak awal kami berkomitmen agar pelaksanaan rekrutmen panwascam dilakukan secara profesional. Tes tulis online ini serentak dilakukan secara nasional dan termasuk di Jatim untuk menghindari kebocoran soal”, ungkap Amin, di Surabaya.

Pria kelahiran Sumenep ini tampak juga terlibat turun langsung melakukan pendampingan terhadap Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang kini melakukan tes tulis online. Amin juga menggerakkan jajaran staff Bawaslu Jatim turun langsung ke beberapa titik Kabupaten/Kota di Jawa Timur dalam mendampingi pelaksanaan tes online untuk rekrutmen Panwascam.

Bagi Amin, setiap peserta yang telah tes tulis online akan dilanjutkan dengan test wawancara. “Nanti setiap peserta yang telah lulus administrasi berhak untuk tes tulis dan juga wawancara sampai tanggal 17 Desember. Untuk Kabupaten/Kota yang pendaftarnya yang lebih dari 300 orang, akan diperpanjang waktunya sampai tanggal 23 Desember”, terangnya.

Sementara itu, Koordintor Divisi Organisasi Bawaslu Jawa Timur, Eka Rahmawati yang juga turut mendampingi pelaksanaan test online Panwascam di Kabupaten Mojokerto mengabarkan bahwa pelaksanaan tes berjalan dengan cukup lancar.

“Secara umum tes hari ini berjalan lancar. Kendala baru mulai di Sesi-2 di beberapa zona di mana peserta terlambat log-in karena problem teknis distribusi soal di RI. Tidak hanya Jatim, beberapa provinsi lain juga terlambat. Tapi ini bukan persoalan karena tidak mengurangi waktu pengerjaan tes tertulis”, ungkap Eka melalui pesan Whatshap.

Masih menurut Eka, pelaksaan tes tulis yang bertepatan dengan hari jumat ini membuat sebagian peserta gelisah.

“Keterlambatan log-in sempat membuat peserta gelisah. Waktu pendek dan kejar kejaran dengan sholat jumat”, ujarnya.

Sebagai informasi, penilaian tes online dengan menggunakan socrative ini akan menggunakan sistem komputer secara langsung. Tanpa campur tangan manual. Seluruh nilai akan masuk ke sistem yang dikelola oleh jajaran Bawaslu RI. Sehingga akan terpilih Panwascam yang benar-benar berkualitas, memiliki pengetahuan yang luas tentang pemilu, dan berintegritas.

Font Resize