jatim.bawaslu.go.id. Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin memberikan perintah pada jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada di Jawa Timur untuk memberikan perhatian dan konsentrasi dalam tes tulis rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

“Bagi Komisioner di 19 Kabupaten/kota yang Pilkada, diharap konsentrasi pada pelaksanaan tes tertulis online dan wawancara Panwascam, sejak tanggal 13 sd 17 Desember, atau 18 Desember bagi yang pendaftar lebih dari 300. Untuk itu, seluruh giat diluar rekrutmen, seperti sekolah kader, desa anti politik uang, pengawasan partisipatif dan lain-lain diharap disesuaikan diluar tanggal tersebut”, perintah Amin dalam Whatsapp Group.

Pelaksanaan tes tulis Panwascam untuk Pilkada tahun 2020 memang berbeda dengan sebelumnya. Bila sebelumnya menggunakan tes tulis langsung, namun untuk rekrutmen Pilkada tahun 2020 tes tulis dilakukan secara online dengan menggunakan socrative. Peserta yang telah lolos administrasi akan melakoni tes sebagaimana CAT CPNS.

Sebelumnya, Amin memang menekankan agar rekrutmen Panwascam benar-benar dilakukan secara professional. Sebagaimana perintah Amin dalam Apel Siaga Pengawasan Pilkada Serentak 2020 yang digelar di Benteng Pendem Van Deer Bosch, Ngawi.

“Saya perintahkan proses rekrutmen jajaran Pengawas ad hoc agar dilakukan sesuai aturan yang berlaku dan hindari KKN”, ungkap Amin pada 5 Desember lalu.

Sebagai informasi, secara nasional pelaksanaan tes online dijadwalkan pada tanggal 13-17 Desember 2019. Untuk Jawa Timur sendiri, tes tulis online dilakukan serentak pada tanggal 13-15 Desember. Terkhusus untuk Kabupaten Lamongan mulai pada tanggal 14 Desember dan Kabupaten Trenggalek dilakukan pada tanggal 15 Desember 2019.

Font Resize