jatim.bawaslu.go.id-Surabaya (8/12). Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Timur, Aang Kunaifi menyampaikan bahwa Identifikasi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) sudah mulai dilakukan oleh Bawaslu Jawa Timur terhadap 19 Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020.

“Sejak 24 November sudah disusun Indeks Kerawanan Pemilu. Kami benar-benar memetakan berdasarkan data lapangan, yang didukung oleh dokumen dengan melibatkan KPU, Media dan Kepolisian”, ungkapnya di Surabaya.

Aang menambahkan bahwa Indeks Kerawanan Pemilu untuk Pilkada memang dilakukan secara nasional. Pihaknya akan merilis hasil dari Indeks Kerawanan Pemilu pada bulan Januari 2020. Untuk itu, ia berharap adanya keterlibatan jurnalis untuk juga memberikan support dan dukungan terhadap IKP yang akan disusun oleh Bawaslu.

“Kami membutuhkan dokumen pendukung dari Kabupaten/kota dan temen-teman media. Mohon kerja sama dari kawan-kawan media dan KPU”, paparnya.

Masih menurut Aang, bahwa penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu akan sangat berguna untuk mencegah pelanggaran Pilkada 2020.

“Alhamdulillah pada Pemilu tahun 2019 lalu, Jawa Timur menjadi provinsi yang minim masalah”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *