Ketua KPU RI: Bawaslu Jatim Berikan Contoh Relasi Antar Lembaga yang baik

jatim.bawaslu.go.id – Surabaya. Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Arif Budiman menyampaikan bahwa Bawaslu Jawa Timur telah memberikan contoh membangun relasi yang baik antara lembaga. Baik antar penyelenggara Pemilu maupun dengan stake holder yang terlibat dalam menyukseskan Pemilu.

“Pertemuan antara KPU dan Bawaslu yang dilakukan oleh Bawaslu Jatim juga perlu diterapkan oleh KPU Kabupaten/Kota yang mengumpulkan Panwascam dan PPK agar bisa menyelesaikan masalah bersama”, ungkapnya.

Bagi Arif Budiman, bahwa penyelenggaraan Pemilu yang sukses berasal dari relasi yang baik antara KPU dan Bawaslu. Termasuk juga dalam suatu daerah bisa terjadi penyelenggaraan Pemilu yang buruk jika relasi antara KPU dengan Bawaslu buruk.

“Biasanya yang meruntuhkan penyelenggara Pemilu bukan dari luar. Tetapi dari dalam Pemilu itu sendiri”, paparnya.

Arif menekankan pentingnya untuk membangun relasi antarlembaga yang baik. Bagi Arif, Bawaslu Jawa Timur telah membuktikan hubungan yang baik antara lembaga yang terlibat dalam menyukseskan Pemilu. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya berbagai pihak yang mendapatkan penghargaan oleh Bawaslu Jawa Timur.

Sebagai informasi, bahwa pihak-pihak yang mendapatkan penghargaan dari Bawaslu Jawa Timur sebagai mitra di antaranya Gubernur Provinsi Jawa Timur, Komandan daerah Militer V/ Brawijaya, Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Timur, KPU Provinsi Jawa Timur, KPID Provinsi Jawa Timur, Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Timur, Komisi Informasi jawa Timur, Pengadilan Tinggi Provinsi Jawa Timur, Bakesbangkpol, KPPN Surabaya 1, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur dan Kanwil BRI Surabaya.

Font Resize