Evaluasi Pemilu Bersama KPU se Jatim Amin: Ikhtiar Dewasakan Demokrasi Berhasil

jatim.bawaslu.go.id-Surabaya (02/11). Dalam evaluasi penyelenggara Pemilu tahun 2019 bersama dengan KPU se Jawa Timur, Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin menyampaikan bahwa secara formal perhelatan Pemilu berhasil dengan baik.

“Dalam sejarah Pemilu di Jawa Timur, dapat dilihat bahwa Madura yang biasanya langganan putusan MK, ternyata pada Pemilu 2019 tidak ada putusan MK yang mengharuskan pemilihan ulang”, paparnya.

Amin menilai, bahwa Bawaslu dan KPU memiliki gairah yang sama dalam menegakkan demokrasi yang ada di Jawa Timur.

“Ikhtiar kita mendewasakan demokrasi di Jawa Timur berhasil”, tambahnya.

Untuk itu, Amin tetap berharap dalam evaluasi bersama dengan KPU se Jawa Timur terus dilakukan untuk memperbaiki kekurangan dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Mari kita jujur terhadap diri kita untuk terus memperbaiki penyelenggaraan Pemilu ke depan menjelang Pilkada yang akan dihadapi oleh Kabupaten/Kota di Jawa Timur”, tambahnya lagi.

Amin juga menambahkan bahwa selama ini berbagai pihak juga telah turut serta melakukan evaluasi Pemilu. Mulai dari media dan masyarakat luas tentang penyelenggaraan Pemilu. Kini sudah saatnya Bawaslu dan KPU se Jawa Timur untuk melakukan evaluasi diri untuk perbaikan dalam Pemilu selanjutnya.