Evaluasi Pemilu 2019, Ketua DKPP: Sukses Penyelenggaraan Saja Tidak Cukup

jatim.bawaslu.go.id-Surabaya (02/10). Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Harjono mengucapkan selamat kepada jajaran Bawaslu dan KPU yang telah berhasil menyelenggarakan Pemilu serentak dengan sukses.

“Selamat untuk Bawaslu dan KPU yang telah berhasil menyelenggarakan Pemilu serentak. Hal itu merupakan prestasi besar”, ungkapnya.

Bagi Harjono, keberhasilan Pemilu merupakan keberhasilan semua pihak. Sebagaimana dalam Undang-undang Dasar menyebutkan tentang Komisi Pemilihan Umum yang Independen. Dimana dijelaskan bahwa yang termasuk dalam penyelenggara Pemilu adalah Bawaslu, KPU dan DKPP. Tiga lembaga yang tri tunggal.

Penyelenggara Pemilu mempunyai tanggungjawab besar untuk menjaga kepercayaan rakyat bahwa Pemilu benar-benar jujur dan adil. “Kita harus bersinergi untuk membangun kepercayaan kepada rakyat”, tambahnya.

Namun demikian, sukses dan lancar dalam penyelenggaraan saja tidak cukup. Karena terdapat tiga elemen penting dalam Pemilu. Meliputi aturan, penyelenggara, dan peserta.

“Berhasil dalam penyelenggaraan, demokrasi belum sempurna. Karena pemilih juga harus tahu tentang Pemilu. Untuk itu, Bawaslu dan KPU perlu berada paling depan dalam rangka untuk mendidik bangsa ini menjadi pemilih yang baik”, pungkasnya.