Penanganan Pelanggaran

jatim.bawaslu.go.id – Probolinggo (14/10). Bawaslu Jawa Timur melaksanakan rapat koordinasi dengan jajaran se-Jawa Timur untuk mereview laporan penanganan pelanggaran dalam Pemilu 2019. Setidaknya terdapat 13.470 pelanggaran yang teregister. Dengan jumlah temuan mencapai 13.305 dan 260 laporan.

Yang menarik dari belasan ribu pelanggaran, mayoritas adalah pelanggaran administrasi yang mencapai 12.637. Terdapat pula 5 penanganan pelanggaran pidana dengan putusan sudah inkrah alias berkekuatan hukum tetap.

Ketua Bawaslu Jawa Timur, Moh Amin menyampaikan bahwa temuan pelanggaran se-Jawa Timur merupakan bukti bahwa selama pergulatan Pemilu 2019 lalu pihaknya telah bekerja keras.

“Banyaknya temuan pelanggaran ini menjadi bukti bahwa kami telah bekerja keras dalam menyukseskan Pemilu 2019”, tegasnya.

Amin menyampaikan bahwa penindakan pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu Jawa Timur menjadi salah satu yang terbanyak di Indonesia.

Di hadapan Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo yang juga hadir dalam rapat Koordinasi itu, Amin menyampaikan bahwa baiknya penanganan pelanggaran yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu Jawa Timur turut akan dilibatkan dalam gelaran Bawaslu Award yang akan diselenggarakan oleh Bawaslu RI.

“Nampaknya penanganan pelanggaran yang cukup baik ini bisa menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia”, katanya.

Tampak hadir dalam pembukaan acara Rapat Koordinasi Review Laporan Penanganan Pelanggaran, Anggota Bawaslu RI, Ratwa Dewi Pettalolo, Koordinator Penindakan Pelanggaran Ikhwanudin Alfianto. Koorditor Divisi Hukum Data dan Informasi, Purnomo Satrio Pringgadigdo, Kasubag Hukum, Humas dan Hubal, Nanang Priyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *