jatim.bawaslu.go.id – Tulungagung. Insan Pers dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), bisa bersinergi untuk bersama-sama menjadi wasit Pemilihan Umum (Pemilu) dan pengawas yang teliti. Demikian disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Tulungagung Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Suyitno Arman, S.Sos.,M.Si., saat menjadi narasumber pada acara sarasehan bertema “Peran Strategis Media dalam Pemilu 2019” yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pengurus Kabupaten Tulungagung, Senin (26/11/2017) di Hall Narita Tulungagung.

Menurut Arman (Sapaan Suyitno Arman), Pasal 6 butir d dan e Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers mengamanatkan bahwa pers nasional melaksanakan perannya memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Selain itu juga melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.

“Bahkan pada butir 4 deklarasi Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2014 lalu di Bengkulu disebutkan bahwa Pers Indonesia harus bisa menjadi wasit dan pembimbing yang adil, menjadi pengawas yang teliti dan seksama terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilu. Jelas hal ini apabila termanifestasikan dalam realitas kehidupan riil di masyarakat, maka secara langsung atau tidak langsung akan sangat membantu tugas-tugas pengawasan yang dilaksanakan oleh Bawaslu”, terang Arman.

Lebih jauh Arman menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada PWI yang telah menganggap Bawaslu Kabupaten Tulungagung sebagai mitra penting. Hal ini terbukti dengan pola komunikasi yang selama ini terjalin baik. “Banyak informasi-informasi penting dari insan pers yang diberikan ke kami. Sebaliknya kami juga akan selalu berupaya menyampaikan informasi kegiatan Bawaslu ke media. Terbukti dengan kita diundang sebagai narasumber seperti ini di acara mereka, tentu karena ini merupakan wujud kepercayaan yang harus kami jaga”, ujar alumnus Universitas Airlangga Surabaya ini.

Diberitakan bahwa acara sarasehan bertema “Peran Strategis Media dalam Pemilu 2019” ini merupakan rangkaian dari kegiatan pelantikan pengurus PWI Kabupaten Tulungagung masa bakti Tahun 2018-2021. Selain mengundang pimpinan Bawaslu Kabupaten Tulungagung sebagai narasumber, panitia juga menghadirkan Wakil Ketua PWI Jawa Timur Drs. Machmud Suhermono, M.Ikom. (arm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *