jatim.bawaslu.go.id – Gersik. Besarnya tantangan dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) serta keterbatasan petugas di lapangan menjadi salah satu alasan pentingnya pengawasan partisipatif yang dilakukan oleh masyarakat. Program pengawasan partisipatif ini digalakkan mulai dari Bawaslu RI sampai jajaran di bawahnya, termasuk Bawaslu Kabupaten Gresik.

Pada senin (12/11) di Hotel saptanawa, Bawaslu Kabupaten Gresik mengundang seluruh Ormas, ormek, LSM, serta BEM beberapa perguruan tinggi di Gresik dalam acara sosialisasi Perbawaslu No 4 tahun 2018 tentang pemantau Pemilu. Beberapa cabang organisasi yang telah terdaftar menjadi pemantau di Bawaslu RI juga nampak turut hadir, yaitu PMII dan HMI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan animo berbagai lapisan masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan serta melegalkannya dengan mendaftar sebagai pemantau Pemilu.

Maslukhin M.Th.I, Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik dalam sambutannya mengatakan bahwa Bawaslu Gresik akan membuka ruang bagi kelomok masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai pemantau. “Selain menyalurkan hak pilihnya ,masyarakat dihimbau untuk menjaga hak pilihnya. Undang-undang No 7 tahun 2017 mengamanatkan proses akreditasi pemantau Pemilu kepada Bawaslu”, imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi ini tidak berhenti di Kabupaten, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di seluruh Kabupaten Gresik juga melakukan langkah yang sama. Ini bertujuan agar transfer pengetahuan tentang Pemilu bisa menyentuh sampai lapisan masyarakat tingkatan Desa. Peserta sosialisasi di tingkat Kecamatan meliputi LSM dan OKP di tingkat kecamatan serta ASN dan Kepala Desa. Daerah-daerah yang rawan pelanggaran juga menjadi fokus perhatian bagi jajaran pengawas,  bahkan Komisioner Bawaslu Kabupaten Gresik turun langsung ke beberapa daerah.

Seluruh rangkaian kegiatan ini terus dilaksanakan sampai dengan tahapan Pemilu 2019 berakhir. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan sesuai dengan peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menegaskan kembali slogan Bawaslu “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”.

Font Resize