jatim.bawaslu.go.id – Tulungagung. Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur Moh. Amin, M.Pd.I., mengingatkan kepada penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dan masyarakat akan pentingnya mensukseskan Pemilu serentak 2019. Dia berharap seluruh peristiwa dan fakta yang terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur yang digelar tahun 2018 lalu, menginspirasi semua pihak khususnya jajaran pengawas Pemilu untuk bekerja lebih optimal demi terselenggaranya Pemilu serentak 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil.

Moh. Amin menyampaikan seruan itu dihadapan ratusan personal Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dari 271 desa dan kelurahan se-Kabupaten Tulungagung Kamis (15/11/2018) pada acara Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif di Hotel Crown Victoria Tulungagung.

Menurut Moh. Amin, Bhabinkamtibmas adalah bagian penting dari 3 (tiga) pilar di tingkat desa/kelurahan yang peran pentingnya sangat diharapkan dalam setiap perhelatan Pilkada atau Pemilu. Dalam kedudukan dan posisinya yang netral, acapkali para personal Bhabinkamtibmas menjadi sumber informasi yang dianggap tepat bagi masyarakat.

“Bapak-bapak bhabinkamtibmas ini di desa/kelurahan pasti sering dijadikan rujukan pertanyaan warga. Karena itu pemberian gambaran informasi yang tepat dan benar sangat menentukan situasi kondusifitas kamtibmas di desa/kelurahan. Karena itu harapan kita, dengan sosialisasi Pemilu partisipatif seperti ini, nantinya di level terbawah yang berhadapan langsung dengan masyarakat akan tercipta suasana Pemilu 2019 yang aman, lancar dan sukses”, ujar tokoh asal Kabupaten Sumenep Madura tersebut.

Moh. Amin menambahkan evaluasi secara umum pelaksanaan Pilkada di Jawa Timur lalu secara umum berlangsung lancar. Selain karena peranserta seluruh masyarakat Jawa Timur, juga didukung oleh solidnya koordinasi antara penyelenggara dan tiga pilar yakni Pemerintah Daerah, POLRI, dan TNI. Kedepan hingga hari H pelaksanaan Pemilu serentak 2019, diharapkan hubungan harmonis tersebut terus terjaga bahkan hingga ke level paling bawah di tingkat desa/kelurahan.

Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif ini digelar Bawaslu Kabupaten Tulungagung dengan mengundang personalia Bhabinkamtibmas se Kabupaten Tulungagung. Selain narasumber Ketua Bawaslu Jawa Timur, juga dihadirkan pemateri dari Polres dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Tulungagung. (arm)

Font Resize