jatim.bawaslu.go.id – Kota Malang. Menyikapi banyaknya potensi pelaksanaan kampanye oleh Calon Legislatif tanpa pemberitahuan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Malang undang partai politik dan tim kampanye dalam sosialisasi pengawasan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dalam kampanye Pemilu 2019, ada Sembilan metode kampanye yang dapat dilaksanakan oleh peserta pemilu dengan memperhatikan jadwal yang diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Metode kampanye pertemuan terbatas, rapat pertemuan tatap muka dan rapat umum terbuka diisyaratkan oleh aturan untuk menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada kepolisian dengan tembusan KPU dan Bawaslu.

Sementara menurut peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 bahwa peserta Pemilu adalah partai politik untuk pemilihan DPR dan DPRD, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, serta Calon DPD. Beberapa kasus dilapangan yang acapkali terjadi adalah Caleg melakukan kampanye sendiri-sendiri tanpa koordinasi dengan partai politik.

Menyikapi hal ini pada akhirnya menyebabkan terjadinya potensi pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh Caleg tersebut, mengingat dalam ketentuan, caleg adalah bukan peserta Pemilu.

Dalam sosialisasi sengketa Pemilu, sosialisasi pengawasan dan penindakan pelanggaran Pemilu yang dilaksanakan Bawaslu Kota Malang di hotel Balava, Alim Mustofa Divisi pengawasan Bawaslu Kota Malang menegaskan bahwa setiap kegiatan apapun terkait dengan kegiatan kampanye maka pelaksana kampanye wajib menyampaikan pemberitahuan. Oleh sebab itu terhadap kegiatan kampanye yang dilakukan oleh Caleg secara perorangan maka harus berkoordinasi dengan partai politik dalam hal pemberitahuan kampanye.

“Ketika nanti ada Caleg yang melakukan kampanye tanpa pemberitahuan, opsi dari Bawaslu adalah akan menghentikan kegiatan tersebut sampai adanya pemberitahuan”, Tegas Alim.

Kegiatan sosialisasi pengawasan oleh Bawaslu ini dihadiri oleh 12 partai politik peserta pemilu DPR dan DPRD, serta tim kampanye pasangan Calon Presiden nomor urut 1. (Alim/PHL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *