Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di BAWASLU - PROVINSI JATIM

Jatim.bawaslu.go.id – Pasuruan. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasuruan melakukan pengawasan melekat terhadap kegiatan penelusuran data pemilih di Rumah Tahanan (Rutan) Bangil Kabupaten Pasuruan. Acara ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan beserta Dukcapil pada hari Rabu 14/11/2018.

Upaya penelusuran data pemilih ini dilakukan kepada sebanyak 521 orang penghuni Rutan Bangil sebagai upaya untuk memastikan apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. Rencana kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini meliputi, penelusuran data pemilih, melakukan pendataan sekaligus perekaman bagi mereka yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

“Para penghuni Rutan Bangil juga mempunyai hak yang sama sebagai warga Negara Indonesia untuk masuk di dalam hak pilih dan berhak untuk menentukan pilihan dalam Pemilu 2019 mendatang. Bawaslu melakukan pengawasan ketat terhadap proses ini agar hak mereka terlindungi sebagai pemilih”, ungkap Titin Wahyuningsih selaku anggota Bawaslu Kabupaten Pasuruan divisi PHL.

Pendataan terhadap 521 penghuni Rutan Bangil ini rencana akan dilaksanakan hingga hari Kamis (16/11/2018) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Penelusuran data yang dilakukan hingga saat ini baru mendapatkan 105 orang warga binaan Rutan Bangil kelas 2B yang belum masuk daftar pemilih. Hal ini dikarenakan ada data yang belum valid pada NIK, lalu terdapat NIK ganda, dan ada yang masih belum ber KTP elektronik.

Dengan banyaknya penghuni Rutan Bangil yang mencapai 521 orang ini nantinya akan dijadikan bahan rekomendasi untuk penambahan 2 TPS khusus di dalam Rutan agar hak pilih mereka terakomodir dengan maksimal. (mibach)

Font Resize
Click to listen highlighted text!