jatim.bawaslu.go.id – Jember. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jember menggelar acara sosialisasi pengawasan partisipatif terhadap pemilih pemula dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif dan DPD pada 17 April 2019 mendatang (23/11/18).

Peserta sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dengan di dampingi oleh dewan guru masing-masing sekolah untuk wilayah Kabupaten Jember sekitarnya.

Imam Thobronya Pusaka selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Jember mengatakan, kegiatan sosialisasi ini di laksanakan dalam rangka memperluas jaringan pengawasan partisipatif dari kalangan pemilih pemula untuk persiapan Pemilu 2019 yang tertib, aman dan sesuai dengan amanah undang-undang.

Sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula di sambut aktif oleh peserta yang masih SMA sederajat, ditunjukkan oleh banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait apa itu pengawasan partisipatif.

Imam Thobrony menambahkan, sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemula penting dilakukan, mengingat kecurangan Pemilu melalui politik uang dan politisasi SARA itu sering terjadi di Indonesia pada Pemilu sebelumnya.

Maka dari itu menurut Imam Thobrony, pihaknya menyelenggarakan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemula yang masih punya pemahaman awal tentang konsep kepemiluan dan apa itu pengawasan partisipatif, “Sehingga kita berikan pemahaman apa itu Pemilu dan bagaimana pelaksanaannya yang benar sesuai amanah undang undang”, imbuhnya.

Selanjutnya kata Imam Thobrony alumni FISIP Universitas Jember 2003, dengan ini kami berharap kepada mereka untuk mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu, tidak segan untuk melaporkan jika ada indikasi kecurangan pada tahapan Pemilu yang berlangsung hari ini sampai tanggal 13 April 2019 mendatang, tegasnya. (Rois)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *