jatim.bawaslu.go.id – Kota Batu. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu menjadi tamu undangan dalam acara Ngobrol Kamtibmas Penuh Inspirasi (NGOPI) Bareng Polsek Batu di Cafe D’Bamboo, Jl. Panglima Sudirman Pesanggrahan Kota Batu, mulai pukul 20.00 WIB. Polsek Kota Batu mengadakan kegiatan Ngobrol Kamtibmas Penuh Inspirasi untuk kedua kalinya, dimana sebelumnya diadakan di Kelurahan Ngaglik.

“Dalam rangka persiapan pemilu, semakin gencar isu-isu yang mengandung unsur sara, harapan kami (Pemerintah Kecamatan Batu) untuk dilakukan deteksi secara dini guna menjaga keamanan dan ketertiban”, Ungkap Sekretaris Kecamatan Batu dalam sambutannya. Sekretaris Desa Sumberjo menyatakan, “Perlu dilakukan counter di masyarakat untuk memfilter info SARA agar tidak membawa keresahan di lingkungannya”.

Banyaknya isu-isu sara dan berita hoax menjadi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat Kota Batu, khususnya masyarakat di Kecamatan Batu. Hal tersebut dianggap akan menimbulkan konflik dan kondisi yang tidak kondusif dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman mengungkapkan, “Potensi konflik yang cukup signifikan mengganggu ketertiban pemilu antara lain Validasi Data Pemilih, maka kami harap ada peran aktif masyarakat untuk bersama-sama peduli dengan hak pilihnya; Kompetisi Antar Partai Politik; Kompetisi antar calon dalam satu partai politik; Teror/tekanan/intimidasi/ancaman kepada pemilih, penyelenggara ataupun keluarga; Netralitas ASN/TNI /Polri dalam Pemilu; Ujaran Kebencian dan Hoax di Sosial Media; Pemilih Pemula yang tidak ber E-KTP; Black Campaign, Pengerusakan APK; Kemudahan Akses bagi penyandang disabilitas dan belum adanya regulasi tentang TPS Khusus, seperti di Lapas dan RS”.

Kapolsek Batu, AKP Arinto Priyo Sularso, SH., menyampaikan, “Keamanan dan ketertiban di lingkungan bukan hanya tanggung jawab kami (Kepolisian), namun butuh kerjasama dari semua pihak termasuk Pemerintah Desa/Kelurahan, Babinsa, peran pengawas Pemilu juga sangat diperlukan untuk mengawal tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019”. (ma)

 

Font Resize