jatim.bawaslu.go.id – Situbondo. Bawaslu Situbondo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan tanggal 17 April 2019.

“Masyarakat sangat berperan penting dalam membantu Pengawas Pemilihan Umum dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019”, ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapik, S.Sos usai Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Kecamatan Situbondo, Minggu malam.

Ia menjelaskan bahwa Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Situbondo wajib melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan melibatkan tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, Pengurus Parpol, penyelenggara Pemilu dan Pemerintah setiap Desa/Kelurahan di seluruh kawasan Kabupaten Situbondo.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan selain mengajak Masyarakat mengawasi Penyelenggaraan Pemilu bahwa hal itu merupakan Upaya Pencegahan agar tidak terjadinya Pelanggaran Pemilu di Kabupaten Situbondo.

Anggota Bawaslu Situbondo Ahmad Faridl Ma’ruf, menuturkan bahwa pelaksanaan sosialisasi yang dilaksanakan Panwaslu Kecamatan ini salah satu bentuk upaya peningkatan partisipasi masyarakat untuk hadir di TPS dan penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Selain memberikan pemahaman tentang pelanggaran Pemilu, sosialisasi ini menjadi wadah pendidikan politik agar masyarakat berperan aktif dalam pengawasan dan hadir ke TPS serta yang  terpenting adalah penyelenggaraan Pemilu dilaksanakan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan”, Tegas Ahmad Faridl Ma’ruf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *