jatim.bawaslu.go.id – Ponorogo. Dalam rangka mengefektifkan kegiatan pemutakhiran data DPTHP-1 Bawaslu bersama KPU Ponorogo melakukan koordinasi dengan Dukcapil Ponorogo senin (15/10). Ditemui Vifson Suisno Kepala Dukcapil Ponorogo di ruang kerjanya menyambut baik dalam rangka pemerintah juga berkewajiban mensukseskan hajatan pemilu 2019. Kegiatan ini diharapkan bisa mempertemukan data bermasalah yang diperoleh dari KPU maupun Bawaslu pusat dengan data olahan Dukcapil Ponorogo. Vifson menambahkan bahwa di Dukcapil secara update perhari melaporkan progres perekaman maupun perubahan administrasi dari warga Ponorogo.

Ahmad Fauzy Huda ketua KPU Ponorogo menjabarkan dirinya mendapatkan banyak data yang disampaikan oleh KPU pusat termasuk didalamnya adalah DP4 yang non DPT dalam artian ada potensi ada data pemilih yang belum masuk DPT. “Diharapkan semua bisa sinkron kerjasama dalam rangka memasukan pemilih yang belum masuk DPT, pemilih yang tidak memenuhi syarat dalam DPT maupun ada elemen data pemilih yang perlu pembenahan”, ungkapnya.

Sementara Juwaini selaku Kordiv Pengawasan Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat menjelaskan Dukcapil bisa kerjasama dalam memberikan potensi data anomali maupun bermasalah lainnya. “Termasuk pada data penduduk yang belum perekaman. Dimana data ini harapannya menjelang pemilu 2019 ada progres positif untuk menjaga hak pilih penduduk”, Jelasnya.

Font Resize