jatim.bawaslu.go.id – Jakarta. Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) merupakan agenda rutin yang selalu menjadi sorotan yang perlu diperhatikan, terutama IKP Pemilu 2019.

IKP 2019 ini merupakan hasil penelitian Bawaslu yang disusun dengan melibatkan banyak pihak. Ada beberapa kategori mulai dari tingkat kerawanan sedang hingga tinggi. Bawaslu Provinsi Jawa Timur mendapati kategori rentang tinggi dan sedang mendekati tinggi. Diantara 16 subdimensi yang menjadi penelitian IKP 2019, Subdimensi Hak Pilih menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur karena terdapat 15 Kabupaten/Kota. Untuk Kabupaten Ponorogo dan Kota Pasuruan menjadi Kabupaten/Kota yang juga perlu menjadi perhatian karena terdapat 8 dari 16 subdimensi yang ada di Kabupaten/Kota tersebut.

Dengan Launching-nya IKP 2019 di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta (25/9) oleh Bawaslu RI, diharapkan Bawaslu Provinsi dapat dengan maksimal mencegah potensi yang nantinya akan timbul berdasarkan hasil IKP 2019.

“IKP 2019 ini bisa dijadikan alat untuk mencegah yang dapat menimbulkan kegaduhan. IKP sangat mendukung Pengawas Pemilu dalam menjalankan pencegahan pelanggaran dan kerawanan Pemilu,” kata Ketua Bawaslu, Abhan saat menyampaikan sambutannya dalam Launching IKP 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *