jatim.bawaslu.go.id – Surabaya. Mengawali awal tahapan kampanye Pemilu Tahun 2019, Bawaslu Provinsi Jawa Timur menggelar acara Deklarasi yang diberi nama Deklarasi Kalah Terhormat Menang Bermartabat. Acara ini dilaksanakan di Hotel Majapahit Surabaya yang dihadiri oleh peserta pemilu 2019 diantaranya jajaran Partai Politik, Calon DPRD Provinsi Jawa Timur, Tim Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon DPD RI, Forkopimda, KPU Jawa Timur, Organisasi Masyarakat, hingga Netizen ikut hadir dalam kegiatan ini. (23/09).

“Keberhasilan itu dimulai dari bagaimana kita mengawali. Maka di hari kampanye ini kita berharap kepada seluruh partai politik untuk memulai melalui komitmen. Yakni, bukan hanya menjaga damai namun siap kalah dan siap menang,” kata Mohammad Amin, M.Pd.I sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur di sela acara deklarasi tersebut.

Pembacaan Deklarasi ini dibaca serentak oleh peserta Pemilu 2019 yang hadir pada saat itu. Terdapat 3 (tiga) point yang termaktub dalam naskah deklarasi. Setelah pembacaan deklarasi maka dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti deklarasi.

Dalam kegiatan tersebut terdapat pula serangkaian tari yang diakhiri dengan membuka payung secara serentak untuk seluruh peserta yang hadir. Penggunaan payung tersebut selain melindungi dari terik matahari dan hujan, sekaligus sebagai pengingat untuk selalu berkampanye di bawah regulasi yang ada. Baik, di peraturan perundangan, Peraturan KPU, dan Peraturan Bawaslu.

“Kalau perlu, gunakan payung ini saat berkampanye. Hal ini memiliki filosofi bahwa harus menegakkan dan berada di bawah payung hukum yang ada di dalam berkampanye. Kalau payungnya kuat, maka calon terpilih sesuai dengan harapkan,” tegas Amin.

Selain itu kegiatan Deklarasi Kalah Terhormat, Menang Bermartabat ini di konsep oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur dan di instruksikan ke seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota untuk menggelar acara ini secara serentak. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota yaitu senam awas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *