Depok, Badan Pengawas Pemilu – Guna meningkatkan kemampuan tenaga pengamanan di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) Bawaslu RI, digelar bimbingan teknis (bimtek) di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Bimtek yang digelar selama dua hari dari tanggal 2 hingga 3 Mei 2016 tersebut menghadirkan narasumber dari Polda Metro Jaya dan Bawaslu RI.

Kepala Biro Administrasi Bawaslu RI Dermawan Adhi Santoso menjelaskan faktor keamanan dalam suatu lingkungan kerja sangat penting. Salah satu unsur organisasi yang bertugas menjaga keamanan adalah petugas pengamanan. “Oleh karena itu diperlukan bimtek bagi petugas pengamanan untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, dan keterampilan sehingga faktor keamanan di lingkungan kerja dapat terpenuhi,” jelasnya.

Para satpam Setjen Bawaslu yang menjadi peserta dibekali dengan materi-materi yang berhubungan dengan meningkatkan keamanan di lingkungan kantor, baik ketika terjadi musibah maupun adanya serangan dari pihak luar. Edi Supriyono, Kasubbag ATP Bawaslu memberikan materi Sosialisasi Sistem Manajemen Pengamanan Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007. Dilanjutkan materi dari Polda Metro Jaya yang disampaikan oleh Kompol Linda Dwi Purwani dengan materi Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Bripka Muhamad Solechan dengan materi Peningkatan Sistem Pengamanan Objek Vital Nasional.

Di hari kedua pelaksanaan Bimtek tersebut juga diberikan tambahan keterampilan dalam hal pemadaman kebakaran. Para peserta diajarkan bagaimana menghadapi situasi apabila terjadi kebakaran di lingkungan Kantor Bawaslu RI. Para peserta terlihat sangat antusias karena banyak pengalaman yang didapat dari Bimtek tersebut.

Dermawan mengatakan hasil yang dicapai dalam bimtek ini adalah peningkatan pemahaman, kemampuan, dan keterampilan petugas pengamanan di lingkungan Bawaslu RI sehingga dapat menjalankan fungsi pengamanan dengan baik. Selain itu juga kegiatan ini menghasilkan teknik-teknik dalam mengantisipasi kondisi-kondisi darurat yang mungkin terjadi, seperti bencana kebakaran dan penanganan keamanan dalam menghadapi unjuk rasa. “Untuk mengantisipasi intensitas unjuk rasa pada Pilkada 2017 Bawaslu RI juga akan melaksanakan security assesment terhadap Gedung Bawaslu RI,” ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu RI Muhammad mengatakan kepada para satpam bahwa tugas, tanggung jawab,dan pengabdian mereka tidak kalah penting dengan tugas yang lain yang ada di Bawaslu. Ia berharap para satpam dapat meningkatkan kemampuannya sehingga semua yang ada di lingkungan Bawaslu bisa mendapatkan keamanan yang optimal.

“Keamanan Bawaslu juga ada di pundak Saudara,” tegasnya.